-->
Search here and hit enter....

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina [ 100% Benar ]

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina | Burung pleci merupakan burung kicau yang dewasa ini semakin tenar (booming) di kalangan pencinta burung Indonesia. Selain sebab perawatannya yang mudah, burung pleci banyak dipelihara sebab ia punya nada kicauan yang merdu dan indah.





Adapun bagi para pehobi burung pemula, membedakan type kelamin pleci kerap kali menjadi masalah tersendiri. Kebanyakan mereka tidak mengerti layaknya apa ciri-ciri dan perbedaan pleci jantan dan betina baik dari faktor fisik maupun dari perilakunya. Oleh sebab itu, terhadap artikel kali ini kita akan mengulas pembahasannya untuk Anda.

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina Sama layaknya burung lovebird atau kenari, perbedaan burung pleci jantan dan betina termasuk utamanya bisa diamati dari kenampakan fisiknya. Bentuk kepala, paruh, warna bulu, klep mata, wujud badan, ekor dan juga kloaka mereka bisa menjadi indikator arahan type kelaminnya.

Cara membedaan Pleci jantan dan betina :
Pleci JantanPleci Betina
Bentuk KepalaTerlihat jauh lebih besar dan agak bulatTerlihat lebih kecil dari ukuran biasanya
Bentuk paruhLebih PendekRelatif lebih panjang
Warna buluLebih terlihat tajamKusam dan kurang tajam
Klep mataAgak Putus-putus dan pada bagian bawahnya tebalTerlihat lebih tebal dan tanpa putus
BadanMemiliki ukuran yang lebih panjangMemiliki ukuran yang lebih bulat
EkorTerlihat lebih panjang dengan ujungnya yang berbentuk huruf V atau bisa juga dengan bentuk yang agak lancip.Ukurannya lebih pendek dan pada bagian ujungnyaterlihat lebih rata dengan bentuknya seperti huruf U
KloakaTerlihat Menonjol terutama pada saat telah ditiupTidak terlihat menonjol dan pipih
Secara sederhana, perbedaan pleci jantan dan betina sudah kita sajikan berikut: 

  1. Perbedaan Bentuk Kepala Bentuk kepala pleci jantan dan betina - akan terlihat begitu mengerti berbeda. Pleci jantan biasanya punya kepala bersama ukuran lebih besar bersama wujud yang membulat, selagi pleci betina sebaliknya. Pleci betina biasanya membawa kepala yang relatif lebih kecil. 
  2. Perbedaan Bentuk Paruh Perbedaan pleci jantan dan betina - termasuk bisa diamati dari wujud paruhnya. Paruh pleci jantan akan terlihat berukuran lebih pendek, selagi paruh pleci betina relatif lebih panjang. Perbedaan paruh antara pleci jantan dan betina bisa Anda melihat terhadap gambar ilustrasi di bawah ini. 
  3. Perbedaan Warna Bulu pleci jantan dan betina - Selain suara, keindahan bulu termasuk menjadi keliru satu faktor yang memilih nilai jual seekor burung hias. Pleci jantan biasanya punya bulu bersama warna yang tajam, selagi pleci betina kerap kali ditemukan bersama bulu yang lebih kusam. Oleh karenanya, biasanya pleci jantan dihargai bersama nominal yang lebih mahal. 
  4. Perbedaan Klep Mata Burung pleci jantan dan betina - Pleci termasuk type burung berkacamata (Zosteropidae), perihal ini sebab terhadap bagian kelopak matanya dikelilingi oleh warna hitam putih yang sangat kontras. Nah, dari matanya ini termasuk kita bisa membedakan apakah burung pleci termasuk berjenis kelamin jantan atau betina. Burung pleci jantan biasanya punya klep mata yang tidak tipis dan putus-putus, selagi pleci betina punya klep mata yang tidak tipis tapi tidak putus-putus. 
  5. Perbedaan Badan dan Ekor pleci jantan dan betina -Sama layaknya biasanya burung lainnya, badan pleci jantan biasanya akan terlihat lebih panjang dan ramping bersama ekor lancip membentuk huruf V. Sementara pleci betina biasanya punya badan yang membulat dilengkapi bersama ekor papak rata membentuk huruf U. 
  6. Perbedaan Kloaka pleci jantan dan betina yang terakhir dan yang paling efektif bisa kita melihat dari kloaka atau lubang pembuangannya. Kloaka pleci jantan biasanya akan menonjol terlebih saat ditiup, selagi pleci betina kloakanya terlihat lebih papak. Perbedaan kloaka pleci jantan dan betina bisa Anda melihat terhadap gambar di atas. 


Cara membedakan burung pleci jantan dan betina bagi para pemula yang idamkan memelihara pleci tentu saja menjadi bingung dan dianggap susah. Hal itu normal dan lumrah sekali sebab burung pleci terhitung keliru satu burung yang berjenis monomorfik yaitu warna, bentuk, dan strukturnya pada jantan dan betina sama. Tetapi bukan berarti burung pleci jantan dan betina ini tidak sanggup dibedakan satu serupa lainnya.

Burung pleci jantan dan betina tetap sanggup dibedakan tetapi caranya tentu kita wajib lebih cermat dan cermat memperhatikan bagian tubuh pleci tersebut.

Pengetahuan untuk membedakan burung pleci jantan dan betina menurut saya terlalu mutlak dalam dunia kicau ini. Karena bersama kita sanggup membedakan kelamin pleci tentu kita sanggup memilih pleci jantan dalam ombyokan bersama mudahnya atau mungkin jika kita tengah bertransaksi jual membeli maka sanggup menghindari penipuan berasal dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu tentu kita sanggup memilih gacoan atau memilih pleci betina untuk cas atau koloni.

Rata-rata para pecinta pleci ini membedakan burung jantan dan betinanya bersama memperhatikan suaranya. jika pleci bahan atau bakalan dipelihara dan terpantau ngeriwik besar mungkin pleci tersebut adalah pleci jantan tetapi jika tidak kunjung ngeriwik berarti pleci tersebut mungkin besar betina.

Tetapi langkah ini tentu memakan selagi yang lama dan kurang akurat sebab ada lebih dari satu kasus pleci betina yang sanggup ngeriwik seperti pleci jantan atau pleci jantan yang lambat bunyinya. Nah tersebut ini ada lebih dari satu langkah ringan dan akurat untuk membedakan pleci jantan dan betina. Saya jamin pemula pun tentu sanggup membedakannya.

Membedakan Pleci Jantan dan Betina
Sebenarnya saya udah menulis perihal langkah membedakan pleci jantan dan betina di sini tetapi ini adalah langkah lain dan saya pikir wajib diinformasikan kepada teman-teman seluruh tersebut ini perbedaannya.

#1. Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Fisiknya :
1. Ekor Pleci
Burung Pleci berkelamin jantan mempunyai ukuran ekor yang lebih panjang kalau dibandingkan bersama  Pleci betina. Ekor Pleci jantan mempunyai ujung yang runcing, terlihat layaknya huruf “V”. Sedangkan ekor Pleci betina terlihat pendek bersama ujung yang rata.

2. Kepala Pleci
Bentuk kepala Pleci jantan terlihat agak bulat dan besar, bersama anggota paruh yang terlihat kasar. Sedangkan kepala Pleci betina agak lebih kecil dan terlihat ramping.

3. Klep Mata Pleci
Pleci kerap disebut sebagai burung kacamata, gara-gara terdapatnya klep atau lingkaran disekitar matanya. Rata-rata Pleci berkelamin jantan mempunyai lingkaran mata yang tidak tipis dan putus-putus. Sedangkan umumnya Pleci betina mempunyai klep mata yang tidak tipis tanpa terdapatnya putus.

4. Paruh Pleci
Bentuk pleci betina terlihat sedikit memanjang. Sedangkan bentuk paruh Pleci jantan berupa tidak tipis dan agak pendek.

5. Body / Tubuh Burung Pleci
Ukuran tubuh pleci jantan lebih cenderung panjang dan besar. Sedangkan  ukuran tubuh Pleci betina cenderung agak bulat dan pendek.

6. Warna Bulu Pleci
Warna bulu Pleci jantan lebih mencolok dan cerah. Sedangkan warna bulu Pleci betina terlihat kusam.

7. Pen / Dubur / supit  Pleci

Pleci jantan mempunyai dubur atau pen memanjang, serta terkandung banyak bulu disekitarnya. Sedangkan dubur atau pen pleci betina berupa kecil, serta terkandung sedikit bulu di seketarnya yang berfaedah untuk memudahkan penetrasi.

#2. Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku :
1. Suara Burung Pleci
Jenis nada Pleci jantan bakal terdengar lebih nyaring dan mengkristal dibanding betina. Akan tapi cara membedakan Pleci jantan dan betina dari hal nada perlu pengamatan ektra jeli dan teliti.

2. Agresif dan Lincah
Pleci jantan bakal terlihat agresif ataupun lincah dan suka bertarung antar sesama Pleci kalau sedang didalam kandang umbaran maupun ombyokan.

3. Semprotan Air
Anda mampu membedakan Pleci jantan atau betina kala tetap diombyokan bersama cara menyemprotkan air kekepala burung. Jika janmbulnya terlihat dan pupil matanya mengecil. maka mendakan burung Pleci selanjutnya berkelamin jantan.

Untuk menyadari cara membedakan Pleci jantan dan betina tidak hanya fisik serta tingkah lakunya saja, kita mesti menyadari ciri-cirinya. Nah maka dari itu kita mesti menyadari ciri Pleci Jantan dan ciri Pleci betina di bawah ini.

Ciri-Ciri Pleci Jantan

  1. Pada umumnya Pleci jantan bentuk ekor lancip di anggota ujung atau membentuk huruf “V”.
  2. Kepala terlihat bulat dan besar.
  3. Klep terhadap anggota mata putus-putus dan terlihat tidak tipis dibagian bawah.
  4. Dubur / Pen terlihat panjang, serta banyak bulu disekitarnya.
  5. Ukuran paruh lebih pendek.
  6. Warna bulu terlihat lebih tajam.
  7. Ukuran badan tebih panjang.
  8. Mempunyai warna tenggorokan hitam di anggota kanan dan kiri.

Ciri-Ciri Pleci Betina

  1. Pada umumnya Pleci betina bentuk ekor pendek dan anggota ujung rata.
  2. Kepala terlihat kecil.
  3. Klep terhadap anggota mata tidak terputus dan terlihat tebal.
  4. Dubur / Pen terlihat kecil, serta sedikit ditumbuhi bulu disekitarnya.
  5. Ukuran paruh panjang.
  6. Warna bulu terlihat kusam.
  7. Ukuran badan lebih bulat dan pendek.
  8. Mempunyai warna tenggorokan merah muda.
Setelah kita mengetahui perbedaan jenis kelamin Jantan dan betina pada burung pleci maka selanjutnya bisa kita lakukan proses rawatan untuk pleci. Dalam dunia pleci mania (Pleman) burung jenis Pleci atau burung kacamata ini biasa menghiasi  Arena lomba pada kelas pleci. dan yang biasa dilombakan atau digantangkan pada gantangan lomba adalah burung pleci yang berjenis kelamin jantan. Kemudian untuk pleci yang biasanya bisa digantangkan dalam lomba adalah burung pleci yang sudah buka paruh.


Nah, itulah yang dapat kami posting mengenai  Perbedaan Pleci Jantan dan Betina [ 100% Benar ]. Semua situs yang ada di internet juga sama mengenai perbedaan pleci ini, semoga dapat bermanfaat. 

Terimakasih sudah berkunjung di IdKicau .

Pencarian burung terbaru:
perbedaan pleci jantan dan betina dada kuning
gambar pleci jantan dan betina
pleci jantan dan betina dalam satu kandang
cara membedakan pleci jantan dan betina anakan
ciri pleci jantan muda
perbedaan pleci kepala hitam jantan dan betina
suara pleci jantan dan betina
jenis-jenis burung pleci
burung pleci jantan juara
BERIKAN KOMENTAR ()