-->
Search here and hit enter....

Cara Mengobati Suara Burung Yang Serak / Hilang Dengan Air Kelapa Muda

Dunia kicau dari berbagai warna burung dan suara burung - merupakan suatu daya tarik tersendiri bagi penikmat dan penghobi jenis unggas yang satu ini, mengapa demikian? dunia kicau adalah dunia yang sejak dahulu sampai sekarang masih sangat dicari dan digandrungi oleh masyarakat indonesia, bahkan sekarang hampir semua kalangan memiliki hobi ini. bahkan bagi para penghobi, burung-burung ini dijadikan sebagai alat untuk berkompetisi dan pemersatu (ajang silaturahmi) bagi sesama penghobi dan penikmat burung dari berbagai jenis.




Dalam dunia lomba burung perawatan dan pemilihan bahan atau bakalan yang baik adalah kunci keberhasian pemilik dan burung yang dipeliharanya. Beberapa masalah yang terjadi akibat salah perawatan dimulai dari:

  1. Pemberian Pakan burung, disebabkan oleh kebersihan dan dosis pakan baik pakan harian maupun EF (Extra Fooding)
  2. Pemandian dan penjemuran burung yang tidak konsisten.
  3. Tata letak burung dirumah dan cara pemasteran.
  4. Melatberkan atau mengetrek burung tidak secara berkala.
Dengan beberapa kesalahan perawatan dapat menyebabkan kejernihan dan kualitas suara burung menjadi berkurang dan suara burung menjadi serak bahkan hilang. keadan dan hal ini menyebabkan turunya performa burung dan bahkan membuat burung menjadi malas berbunyi, kadang dapat menyebabkan  kematian pada burung bila tidak ditangani secara serius. jika burung menalami gejala hilang atau serak dapat dilakukan pengobatan menggunakan air dugan/kelapa muda.

Segudang manfaat air kelapa muda bukan hanya untuk manusia tetapi untuk burung juga. Air kelapa memiliki segudang manfaat untuk burung diantaranya: 
  • Dapat mengeluarkan racun dalam tubuh Burung
  • Menetralkan birahi burung
  • Melancarkan metabolisme burung
  • Mengembalikan mental burung
  • Memperbaiki saluran pencernaan burung kicauan
  • Dan masih banyak yang lainya
Itulah segudang manfaat Air kelapa, testimoni yang saya lakukan pernah saya coba menggunakan burung jenis Burung Lovebird pada saat itu dan akhirnya berhasil bahkan dari 3 ekor burung yang saya obati semuanya berhasil dan berangsur-angsur pulih dalam waktu 3 hari sampai 1 minggu. untuk burung, Kacer, Murai Batu, Kenari, Cucak ijo bisa dilakukan tetapi proses pengawasan harus tetap dilakukan. berikut cara pemberian Air Duan kelapa Muda kepada Burung Andalan Atau burung jawara anda denan langkah ini:
  1. Siapkan air Dugan kelapa muda.
  2. Embunkan Burung kicauan anda dipagi hari. 
  3. Kemudian setelah sinar matahari mulai keluar dari sarangnya mandikan burung kicauan anda ingat jangan memandikan burung menggunakan air kotor, usahakan air yang baru dan bila disemprot jangan semprot burung dibagian hidung dan telinga burung usahakan semprot embun.
  4. Jemur Burung Andalan anda sampai mangap atau buka paruh pada saat penjemuran usahakan pakan dan minum dicabut.
  5. Setelah penjemuran satu - dua jam angkat burung taruh ditempat yang teduh beri air dugan satu cepuk kecil.
  6. setelah 15-30 menit taruh kembali pakan kedalam sangkar burung.
  7. Pada saat proses penyembuhan kebersihan kandang dan kenyamanan burung harus terjamin sehingga proses berjalan maximal.
  8. lakukan setiap hari sampai suara burung kembali pulih
  9. setelah pulih bisa dilakukan perawatan seperti biasa.
dengan cara ini penulis hanya mendoakan semoga dengan wawasan ini dapat membantu sobat kicau untuk lebih peduli sekecil mungkin perubahan pada burung momongan kita supaya tidak terjadi penurunan kondisi bahkan sampai terjadi kesalahan fatal (fatality error). apalagi dengan harga burung yang mahal yan sudah kita beli harus terbuang dengan sia-sia. demikian tutorial yang saya berikan sesuai pengalaman dari kawan dan eksperimen yang saya lakukan semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk sedulur IdKicau semuanya.

Penelusuran Terkait:
obat burung serak
air kelapa untuk mandi burung
manfaat air kelapa untuk burung cucak ijo
air kelapa hijau untuk lovebird
manfaat air kelapa untuk lovebird
manfaat air kelapa untuk bulu burung
manfaat air kelapa tua buat burung
cara mengobati suara serak pada kacer
BERIKAN KOMENTAR ()