-->
Search here and hit enter....

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina agar Tidak Salah Beli

Membedakan Kacer Jantan dan Betina | Kacer merupakan burung dengan mental fighter sejati dimana sifatnya yang seperti tidak senang kalah jikalau ada pesaingnya berada di lokasi didekatnya sehingga burung satu ini diminati oleh kicaumania di indonesia.

Belum lagi kelihaian kacer dalam mengelolah suaranya yang khas sebabkan banyak kicau mania terpesona, umumnya kicaumania bakal pilih kacer jantan gara-gara karakternya yang sebetulnya pantas untuk dilombakan, kacer jantan mempunyai banyak variasi kicauan dan umumnya lebih kencang dan nyaring dalam berkicau. Tetapi bukan bermakna kacer betina tidak mempunyai kemampuan untuk berkicau, kacer betina mempunyai kemampuan juga untuk berkicau meskipun variasi suaranya monoton.




Perbedaan Burung Kacer Jantan dan betina bisa dengan memandang bentuk fisik [tubuh] burung kacer tersebut. Mulai dari Warna Bulu yang dimiliki sampai tingah laku burung kacer tersebut. Ketika burung kacer sudah dewasa / bulu dewasanya sudah lengkap yang umumnya berumur 7 bulan lebih bakal keluar memahami perbedaan pada kacer jantan dan betina perihal berikut bisa di memandang dari warna bulu dan juga tingkah laku burung berikut yang nantinya bakal kita bahas di sini.

Pada umumnya Harga burung kacer jantan yang bagus sebetulnya jauh lebih mahal jikalau di bandingkan bersama dengan harga kacer betina. Tidak cuma kacer yang sudah dewasa saja harga berikut juga berlaku pada burung kacer yang masih Trotol. Pada Saat kacer masih berusia 2 bulan / pas masih trotol sebetulnya masih lumayan ada problem untuk membedakan tipe kelamin pada burung tersebut.

Selain Susah tingkat ke akurasianya juga bisa dikatakan tidak setinggi dikala kacer sudah dewasa. pada umumnya cara untuk membedakan kacer jantan dan betina pada umur ini adalah bersama dengan memandang bentuk tubuh yang dimilikinya menurut beberapa sumber menjelaskan jikalau kacer jantan pada umumnya mempunyai bulu dada yang berwarna lebih hitam jikalau di bandingkan bersama dengan kacer betina anakan.

Ada beberapa perihal yang bisa menjadi patokan dalam membdakan anakan kacer jantan dan betina yang masih mempunyai bulu piyik / yang belum bergeser bulu dewasa seperti warna bulu, bentuk kepala dan juga warna paruh dan berikut perbedaannya lengkapnya :

#Ciri Trotol Kacer Jantan

  • Kepala cenderung berupa cepak / datar.
  • Paruh anggota bawah yang berbentu V pada umumnya berwarna hitam pekat.
  • Bulu dada & Pungung keluar lebih hitam.
  • Ketika Berdiri bakal keluar lebih langsing dan tegap.


#Ciri Trotol Kacer Betina

  • Kepala Cenderung agak bulat dan berisi.
  • Bagian Bawah Paruh berwarna agak ke abu-abuan.
  • Bulu dada & pungung keluar agak keabu-abuan.
  • Tubuh cenderung agak besar dan bulat.
  • Perbedaan Kacer Jantan dan Betina Dewasa


Berbeda bersama dengan kacer yang masih trotol, kacer dewasa pada umumnya lebih mudah untuk di bedakan. perbedaan yang paling keluar adalah pada warna bulu burung berikut tak hanya itu bentuk kloaka juga dubur sudah agak berbeda. dikala burung sudah dewasa umumnya organ reporduksinya sudah mulai sempurna dan berikut perbedaan pada kacer betina dan jantan :

#Ciri Kacer Jantan Dewasa

  1. Pada anggota dada dan pungung mempunyai warna hitam pekat.
  2. Kloaka / dubur keluar kecil memanjang.
  3. Lebih Sering Berkicau dan Fighter
  4. Ciri Kacer Betina Dewasa
  5. Bulu dada dan punggung cenderung mempunyai warna abu-abu.
  6. Kloaka / duburu keluar lebih lebar.
  7. Jarang berkicau.
  8. Warna bulu hitam pekat dari badan sampai ke dada 
  9. Seperti sudah dibahas diatas kacer jantan mempunyai cii-ciri nada yang lebih nyaring dan banyak variasi
  10. Lebih aktraktif dan agresif dimana kacer jantan bakal membalas kicauan dari kacer lain yang berkunjung ke lokasi terotorialnya atau ada keberadaan kacer betina bakal sebabkan kacer jantan agresif.
  11. Pada posisi diam ekor dari kacer jantan bakal keluar lebih rapat tidak terpisah-pisah.
  12. Postur kacer jantan lebih gagah dan tegak, ukuranya pun lebih besar.


#Ciri Kacer betina Dewasa

  1. Warna bulu lebih kusam ke abu-abuan.
  2. Postur tubuh lebih kecil.
  3. Karakter nada tidak beragam dan cenderung tidak kencang.
  4. Lebih pasif dalam bergerak.


Mungkin mudah untuk kacermania indentifikasi tipe kelamin kacer seperti diatas gara-gara sebetulnya dari bentuk fisik dan warna kacer dewasa pada betina dan jantan sebetulnya sudah berbeda. Tetapi bagaimana jikalau kacer masih trontolan? mungkin anda adalah keliru satu orang yang ingin merawatnya dari trontolan sehingga lebih mudah di master, berikut adalah cara menegaskan bahwa kacer trontolan itu ialah pejantan.

#Identifikasi kelamin kacer trontolan
Kacer jantan umumnya mempunyai paruh lebih pendek dan berwarna hitam di anggota atas dan bawah paruhnya, jikalau di amati di bawah paruh jantan bakal keluar bentuk seperti huruf "V".
Bentuk tubuh pejantan bakal lebih proposional jikalau berdiri, beda bersama dengan betina yang lebih bulat gempal.
Jika anda menyimak kacer jantan bakal mempunyai kepala lebih rata pas diperhatikan dari samping.
Warna bulu punggung pejantan lebih hitam pekat dari pada betina yang sedikit kusam.

walaupun burung kacer jantan dan betina mempunyai perbedaan yang lumayan menonjol bakal tetapi kadang ada beberapa penjaja nakal yang sengaja menyemir bulu pada kacer betina sehingga keluar seperti burung kacer jantan untuk menambah harga jualnya. jadilah customer cerdas sebelum membeli burung kicauan dan jangan terkecoh bersama dengan harga murah.

Cara membedakan kacer jantan dan betina di atas tidak menanggung 100% akurat tetapi setidaknya bakal menambah kesempatan anda beroleh burung kacer bersama dengan tipe kelamin jantan.

Terimakasih Atas kunjungannya di Blog IdKicau Semoga ada manfaatnya.
BERIKAN KOMENTAR ()