-->
Search here and hit enter....

Settingan Lovebird PAUD / BaLiBu Agar Ngekek Panjang [Merdu]

Settingan lovebird PAUD/ BALIBU | Sejauh ini yang saya ketahui mungkin baru burung lovebird saja yang mempunyai lomba kelas lovebird PAUD atau BALIBU. Tujuan dari melombakan burung lovebird Balibu (Bawah Lima Bulan) adalah untuk melatih mental lovebird supaya punya kebiasaan bersama situasi lomba, tak hanya itu terhitung untuk memandang sejauh mana kualitas lovebird yang dipelihara sejak anakan selanjutnya apakah prospek untuk gantangan waktu dewasa atau tidak.




Lomba lovebird kelas PAUD biasanya terhitung dijadikan alat bagi para penangkar/ farm untuk memandang sejauh mana hasil tangkarannya. Jika lovebird paud suatu farm ternyata dapat menjuarai beraneka macam lomba kelas paud, maka akan membawa nama baik farm tersebut, supaya diinginkan akan banyak pemain lovebird yang membeli atau memesan gacoan dari farm tersebut.

Settingan Lovebird Paud Balibu

Satu hal yang kudu diperhatikan adalah, seekor lovebird paud tidak boleh amat sering diikutkan lomba, misalkan dalam seminggu diikutkan dalam 3 event lomba, dan setiap event diikutkan dalam 3 sesi lomba sekaligus. Hal selanjutnya ditakutkan akan berdampak tidak baik pada mental lovebird, supaya ketika dewasa nanti justru menjadi burung yang rusak sebab kalah mental.

Lovebird balibu yang disetting untuk mengikuti lomba alangkah baiknya disita dari lovebird yang mempunyai kualitas atau garis keturunan ngekek panjang. Selain itu terhitung kudu telah tampak cii-ciri fighternya, telah terasa latah waktu dipancing, dan kecuali dapat mempunyai durasi ngekek yang lumayan panjang, meskipun belum selama ngekeknya lovebird dewasa.


Settingan lovebird PAUD/ Balibu ngekek panjang

Meskipun durasi ngekek lovebird paud masih belum dapat melampaui durasi ngekek lovebird dewasa, tetapi kecuali kamu mempunyai settingan yang pas, maka tidak mustahilo kecuali LB PAUD kamu dapat mempunyai mental fighter dan mempunyai ngekek yang panjang seperti LB dewasa.

Untuk melatih mental lovebird balibu sebaiknya dijalankan sedini mungkin, yakni ketika lovebird telah keluar dari glodok dan telah dapat makan millet putih sendiri, biasanya berusia kurang lebih 1,5 bulan hingga 2 bulanan. Saat pagi hari diembunkan lantas dimandikan hingga basah kuyup, selanjutnya dijemur sebentar di bawah cahaya matahari pagi lantas diangin-anginkan atau digantang ditempat yang ramai dan banyak orang selanjutnya lalang.

Sesekali lovebird paud diajak jalan-jalan supaya punya kebiasaan bersama dunia luar dan lingkungan lomba, supaya ketika amat dibawa naik gantangan tidak akan kaget atau apalagi ngedrop. Untuk hariannya usahakan jangan dipertemukan/ memandang lovebird yang lain, kecuali hanya sekedar mendengar suaranya saja tidak apa-apa.
Berikan yang cukup, bila seperti jagung muda, daun binahong, daun mengkudu, daun bayam, dan yang lainnya. Lakukan pemasteran secara teratur setiap harinya


Settingan lomba lovebird PAUD/ Balibu

#Settingan lomba dijalankan 3 hari sebelum lomba (H-3). Pagi lovebird diembunkan, dimandikan hingga basah kuyup, dan dijemur di bawah mentari pagi, membersihkan kandang, pindah pakan dan air minum, selanjutnya diangin-anginkan sebentar seperti biasanya. Berikan EF jagung muda 10 butir selanjutnya full kerodong hingga sore hari sambil diperdengarkan suara masteran.

Sore harinya buka kerodong dan diangin-anginkan sebentar sambil diberikan EF jagung muda 10 biji. Jadi untuk EF H-3 adalah jagung muda sebanyak 20 biji sehari, yakni 10 biji dipagi hari dan 10 biji disore hari. Selanjutnya dimasukkan kedalam rumah dalam situasi full kerodong lagi, biarkan istirahat hingga pagi. 

#Settingan lomba H-2, perawatan masih mirip seperti settingan H-3, bedanya hanya terletak pada pemberian EF saja. Berikan EF jagung muda 20 biji dipagi harinya, sedangkan untuk sore hari tidak kudu diberikan EF lagi. Oiya untuk H-2 ini burung telah tidak kudu dimaster lagi, menjadi biarkan istirahat saja dalam situasi full kerodong

#Settingan lomba H-1,  Settingannya masih mirip seperti H-2, hanya saja pemberian EF jagung muda dikurangi menjadi 5 butir saja dipagi hari, untuk sore harinya tidak peru diberi EF lagi. Burung selamanya dalam situasi full kerodong tanpa dimaster.

#Settingan hari H, lovebird dikeluarkan dipagi hari lantas dimandikan hingga basah kuyup, jemur sebentar selanjutnya diangin-anginkan sebentar, lantas full kerodong lagi hingga dibawa ke arena lomba. Sesampainya diarena lomba, kerodong diakses dan diangin-anginkan sebentar supaya lovebird mengenal situasi lapangan, sambil di check apakah setelan telah pas atau belum. sesudah itu lagi kerodong hingga lovebird naik gantangan.


CATATAN:
Cara diatas adalah untuk jenis lovebird bersama settingan kencang, kecuali burung kamu tidak bahagia bersama settingan kencang dan birahinya gampang naik, maka kamu dapat mengakalinya bersama memakai settingan rendah yakni bersama meniadakan pemberian ekstra fooding. Jadi untuk pakan lumayan diberi millet putih saja dan minuman lumayan air putih masak saja.

Cara lain untuk mengatasi lovebird paud yang gampang over birahi adalah bersama tidak memakai full kerodong, pengerodongan lumayan dijalankan pada waktu H-1 dan pada waktu hari H saja. Untuk hasil yang lebih maksimal, pada waktu H-1 lovebird diberikan 1 tetes madu murni sebagai campuran minuman atau segera diteteskan pada mulutnya.

Melatih Mental serta  Rawatan Agar Dapat Ngekek Panjang

  1. Saat Love Bird berusia 1,5 bulan hingga bersama 2 bulan, akan terasa studi bunyi biarpun tetap malu-malu. Agar mental sang anak dapat oke, setiap pagi dijemur dan Di Mandikan kemudian diangkat dan diangin-anginkan di daerah yang ramai bersama suara berisik di kira-kira layaknya suara teriakan atau suara mobil ataupun suara motor. Hal ini memiliki tujuan agar sang anak bermental baik dan tidak risau keramaian.
  2. Lakukan Ritual Mandi jemur setiap pagi terasa pukul 6 - 9, letakkan LB di kandang umbaran umtuk melatih nafas serta stamina agar burung dapat ngekek lebih panjang.
  3. Love Bird anakan sebaiknya jangan sering-sering ditemukan bersama sesama Love Bird namun jika mendengar suara boleh saja, hal ini memiliki tujuan agar di waktu waktu bertemu sang anakan akan berani buka suara karena kesenangan bertemu koloninya yakni sesama tipe burung lovebird.
  4. Burung dapat diperkenalkan sejak dini terhadap kondisi lapangan agar dapat mengetes mentalnya karena kondisi di lapangan dan di rumah itu terlampau berbeda. Hal ini sekaligus untuk mempercepat lovebird muda beradaptasi terhadap lingkungan atau kondisi lomba.
  5. Pemberian pakan ekstra fooding untuk meningkatkan stamina dan menyetabilkan birahi. Biasanya kami cuma memanfaatkan Jagung Muda : untuk memperkeras suara terhadap waktu berlomba, Daun Bayam : untuk pemulihan tenaga sehabis berlomba, Daun Ginseng : untuk melakukan perbaikan kesegaran ketika burung nampak tidak cukup sehat, Daun Binahong : untuk menyembuhkan ketika burung tengah sakit, Pucuk Daun Mengkudu : untuk mengkristalkan suara agar terdengar lebih nyaring. Kami cuma memanfaatkan Extra Fooding cocok kebutuhan/ kapan saja diperlukan saja, menjadi kami tidak memanfaatkan Extra Fooding setiap hari.
  6. Teknik pemasteran mesti kami jalankan demi menciptakan lovebird haban ngekek panjang kami dapat memanfaatkan audio Mp3 maupun burung lain bersama mutu ngekek panjang. Teknik pemasteran yang baik jika memanfaatkan audio / Mp3 jangan keras keras, minimal volume tengah dan tetap kedengaran

Setingan Menjelang Lomba (jika lomba diadakan hari minggu)

  1. Perawatan mandi dan jemur cuma di terasa hari senin hingga hari kamis saja (Untuk makanan milet putih untuk minuman air jernih)
  2. Hari kamis sore Love Bird terasa dikerodong hingga hari Minggu, namun selamanya mesti diperiksa pakan dan minum nya setiap pagi jangan hingga habis ataupun kotor. Jadi terasa hari kamis sore lovebird tidak di jemur tidak di mandikan (pokoknya terlampau lovebird di kerodong full, di karantina di simpan di daerah sejuk di sendirikan di di dalam kerodong cuma berteman suara masteran saja)
  3. Hari sabtu air minumnya kami campur bersama 1 tetes madu asli/secukupnya, namun untuk makanan nya milet putih saja.
  4. Pada hari Minggu (hari dimana kami akan melatih lovebird anakan untuk mengenal kondisi perlombaan). Pagi bersihkan kandang, sisa makan dan minum kemudian sehabis itu lanjut lovebird anakan dapat kami bawa ke lapangan/tempat latihan.
  5. Usahakan memilih nomer gantangan yang berada dipinggir karena step ini kami cuma akan memandang sifat serta mental burung apakah udah bagus apa belum. 


Itulah settingan lovebird paud balibu supaya lebih rajin ngekek panjang waktu lomba yang saya rangkum dari beraneka sumber yang dapat kamu praktekkan dirumah. Dengan menerapkan settingan ini bukan berarti lovebird kamu lantas akan dapat ngekek panjang dan menjuarai lomba kelas balibu, sebab cii-ciri dari masing-masing lovebird itu berbeda-beda, tersedia yang cocok bersama settingan ini dan tersedia yang tidak cocok. Jadi kamu kudu improvisasi pada cii-ciri lovebird balibu anda, kurang lebih settingan mana yang kudu dikurangi dan mana yang masih kurang. Semoga bermanfaat
BERIKAN KOMENTAR ()