-->
Search here and hit enter....

Kupas Tuntas Misteri Burung Kacer Juara Di Dunia Burung Kicau Di Indonesia

Dunia Burung Kicau sering disebut dengan dunia hobi yang memiliki kelas yang eksklusif yang banyak diketahui oleh masyarakat secara umum. Tetapi seiring berkembangnya zaman dunia burung sekarang sudah menjadi hobi hampir diseluruh penjuru Nusantara bahkan Even-even Lomba dan Kontes Burung banyak diadakan baik even kecil sedang dan besar. Burung endemik yang ada Di Indonesia yang sering dilombakan dan familiar dimasayarakat Indonesia dan bahkan mungkin  abadi di Indonesia adalah burung Murai Batu dan Burung Kacer walaupun masih banyak jenis burung lain yang menhiasi Dunia burung kicau Di Indonesia.
Selain itu bahkan hobi yang satu ini sekarang bisa dijadikan ladang usaha yang dapat menghasilkan keuntungan apabila dikelola dengan baik. Dunia usaha yan dapat dilakukan diantaranya:
  • Jual beli burung dari yang bahan sampai yang juara dengan harga yang bervariasi,   
  • Jual beli pakan, minuman, asesories, vitamin dan sebagainya.
  • Penangkaran Burung atau usaha ternak burung (Bird Farm)
  • Memunculkan Industri yang berorientasi pada seluruh kebutuhan Burung yang menyangkut Produsen, distributor, bahkan konsumen baik skala kecil, menengah dan besar.
  • Bahkan pemberdayaan Lomba baik dari penyelenggara, sponsor, dan lain lain.
Penjelasan diatas adalah sedikit informasi yang dapat kita ketahui dari dunia burung kicau. dan perlu diketahui bahwa burung yang berprestasi dan istimewa dapat dijadikan sebagai ATM hidup bagi pemiliknya apabila memiliki keistimewaan dan sering menang disetiap perlombaan dalam setiap kelas gantangan lomba burung baik kontes kecil sedang maupun besar. disamping hadiah lomba semakin sering menang dan terkenal burung itu harga jualnya akan terus naik dari puluhan juta, ratusan juta bahkan mencapai miliyaran rupiah. Kita sebut saja seperti Lovebird Kusumo, Kacer Adipati dan banyak nama burung lain yang terkenal yang sudah terbukti dan diketahui khalayak ramai. Bahkan apabila burung juara tersebut sudah tidak produktif lagi anakan atau turunan dari burung juga tersebut memiliki harga jual yang tinggi dan banyak dicari para penghobi burung  kicau.
Setelah kita mengetahui dan membaca informasi diatas kita dapat menyimpulkan betapa istimewanya dunia kicau yang sarat akan Persaingan dan Prestise, untuk memunculkan Burung yang memiliki keistimewaan dan karakter juara yang kuat sehingga dapat memberikan kepuasan dan keuntungan bagi pemiliknya. 

Murai Batu dan Kacer adalah jenis burung sudah lama digunakan dan menhiasi dunia lomba dan kontes burung diseluruh Indonesia dan sudah ada sejak lama. dalam artikel ini kami akan jelaskan bagaimana uniknya, istimewanya burung kacer sehingga tidak dapat tergantikan dengan burung kicau sampai langgeng sampai sekarang, kalau orang bilang mah burung kacer gak ada matinya. sedangkan burung Murai Batu memiliki harga beli dan jual yang tinggi biasanya dimiliki oleh kalangan menengah keatas.

Misteri Burung Kacer dikalangan Kicau mania dikatakan sebagai burung 1001 misteri! seperti irak aja negeri 1001 malam, hahaha...? itulah ungkapan yang pas bagi pemain Kacer sejati mereka harus bisa mengetahui cara merawat burung burung kacer sampai menjadi burung aduan yang maksimal.   

Jenis-jenis Burung Kacer Di Indonesia
burung kacer di Indonesia sebenarnya tersebar diseluruh Nusantara tetapi burung kacer yang ada di Indonesia ada dua jenis yaitu jenis kacer dada putih dan kacer dada hitam. 

Kacer Dada Putih 
copsychus saularis (Kacer Dada Putih) meiliki ciri fisik yang menonjol yang bulunya didominasi warna hitam dan putih  terutama bagian kepala sampai pangkal leher berwarnya hitam dan dada sampai pangkal ekor berwarna putih. sebutan kacer dada putih biasanya disesuaikan dengan daerahnya seperti kacer Sumatera, Kacer kalimantan atau biasa disebut kacer poci.


Kacer Dada Hitam
copsychus sechellarum (Kacer Dada Hitam) memiliki ciri-ciri menonjol yaitu bulu dibagian dada sampai pangkal ekor berwarna dominan hitam gelap. dan jenis burung ini tersebar diseluruh kepulauan Jawa.

Kacer Lomba yang biasanya digunakan oleh para Kicaumania di Indonesia adalah kedua jenis kacer ini tetapi yang dominan disukai oleh para pemain burung kicau kacer adalah kacer jenis dada putih.
karena kacer jenis ini memiliki suara yang melengking sedangkan kacer jenis dada hitam cenderung lebih ngebass atau lebih menggaung sehingga banyak kicau mania memilih jenis dada putih. mohon maaf bukan mengurangi keistimewaan kacer dada hitam tapi kenyataanya banyak kacer juara dikelas kacer mayoritas kacer berjenis dada putih.

Sifat Atau Karakter Kacer
Keunikan karakter burung kacer adalah memiliki karakter yang berbeda dengan burung lainya terutama Karakter bertarung kacer (Gaya Main), Karakter Vocal dan Isian, dibawah ini kami akan jelaskan sifat dan karakter kacer:
  • Kacer Merupakan Burung Petarung (Fighter Bird) - dengan siifat ini berarti kacer bukan merupakan burung yang bersifat koloni (berkelompok dan bergerombol) dalam jumlah yang banyak seperti burung Lovebird atau Pleci. tetapi kacer memiliki teritorial sendiri diwilayahnya masing-masing. jadi di alam liar kacer merupakan burung yang hidup dengan kekuasaan dan aturan sendiri di masing-masing teritorialnya. Sehingga disetiap teritorial atau zona tertentu kacer memiliki pemimpin/penguasa yang lebih dominan atau mendominasi dibandingkan kacer yang lainya. Biasanya kacer yang mendominasi memiki mental yang bagus/kuat dan memiliki vocal yang kuat atau keras dan biasanya para pemikat kacer dialam liar apabila menemukan kacer yang demikian akan dipisahkan dan dijual dengan harga yang berbeda.
  • Kacer Memiliki Sistem Birahi Yang Unik Aneh - dibandingkan burung yang lain kacer memiliki kharakter yang khas yaitu apabila kacer birahi dan kalah mental maka kacer akan mengembungkan semua bulunya dan mengeluarkan suara khas, keadaan ini sering disebut nangkur, mbalon atau mbagong. Hal ini menandakan bahwa kacer memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi dan hal ini yang membuat para penghobi kacer mengatakan burung yang bisa dan gampang mbagong ini sebagai burung seribu satu misteri karena membuat mental, birahi, dan kondisi tubuh kacer stabil dan kuat memerlukan banyak cara dan percobaan.
  • Kacer Memiliki Gaya Main (Tarung) Yang Komplit (Lengkap) - Gaya tarung kacer memiliki banyak variasi, antara kacer yang satu dengan yang lain: Gaya Leher dan Kepala kacer ada yang mendongak lurus keatas seperti kepala ular, merunduk/disebut gaya hormat juri. lurus kedepan disebut gaya ndlosor, gaya teler seperti orang mabuk, atau gaya kepala ndongak kebelakang disebut gaya ndengklak dan masih banyak lagi pilihan gaya bagian leher dikacer. Gaya Sayap kacer ada yang memiliki gaya sayap bergetar atau geter-geter, gaya sayap terbuka atau disebut buka sayap. Gaya Ekor Kacer biasanya disebut ngobra gaya ekor terdiri dari gaya ekor naik turun, buka tutup, ekor terbuka sempurna tanpa menutup bahkan setengah terbuka sampai mnutup dan tudak mau terbuka bulu ekornya. Dari penjelasan tersebut maka banyak peminat kacer memilih gaya kesukaanya dan selera tarung masing masing semua ada kelebihan dan kelemahan karena masih dipadukan dengan kharakter vocal dan irama Isian kacer. dengan penjelasan gaya tarung diatas kesimpulanya apapun gayanya ketika kacer bertarung didalam sangkar menampilkan gaya yang dimilikinya dengan rapi dan maksimal maka akan berpeluang mendapatkan penilaian dari juri. Yang dimaksud rapi adalah kacer tidak bermain dengan turun didasar tangkringan, tidak menempel didinding atau jari-jari kandang tidak banyak gerak usahakan kacer bermain satu titik di atas tangkringan (Nagen) dengan menampilkan gaya yang dimiliki secara maksimal.
  • Kacer Memiliki Karakter Vocal Atau Suara Yang Nyaring Dan Lantang (Tajam ) - suara atau vocal burng kacer bagi para pemain kacer ditinjau dari volume masih diklasifikasikan lagi dengan istilah-istilah tertentu seperti suara kecil, sedang dan keras. kemudian dari ketiga jenis suara itu ada istilah lagi yaitu ngristal yaitu kacer memiliki suara tajam dan melengking  sehingga ketika kacer mengeluarkan suara baik isian dan suara harian cenderung menusuk telinga. sebenarnya selain volume suara kita harus mengetahui dan dapat membedakan jenis suara kacer  diantaranya: suara calling atau panggilan dan bagi pemain disebut suara harian, suara ketika kacer takut, suara kacer birahi, dan suara Isian yang biasa dikeluarkan ketika kacer merasa terganggu oleh burung sejenis atau yang memancing tarung kacer.
  • Kacer Memiliki Sifat Nangkur/Mbalon/Mbagong - sudah dijelaskan diatas bahwa nangkur adalah mengembangkan semua bulu dan mengeluarkan bunyi terterter pada kacer . keadaan ini terjadi apabila kacer kelebihan dan kekurangan birahi, drop mental, over fighter dan down fighter, drop condition (dalam keadaan tidak sehat atau fit) dan masih banyak yang lainya
Dari penjelasan karakter kacer diatas dapat kami simpulkan bahwa untuk memiliki kacer dengan kualitas terbaik tidak dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan singkat tetapi perlu memperhatikan aspek diatas secara keseluruhan karena permasalahan kacer dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya:

Karakter Dasar (bawaan) - Setiap kacer memiliki karakter bawaan masing-masing kalau orang bilang mah watak. hal ini menyebabkan cepat dan lamanya kacer mapan dan stabil untuk derawat. watak kacer tidak dapat dilihat hanya dari ciri fisik tetapi bagaimana para perawat kacer mampu mengolah karakter bawaan itu menjadi sesuatu yang sesuai dengan kriteria penilaian. contoh: volume suara kacer yang kecil kalau itu memang bawaan dari kacernya segitu kita sebagai perawat hanya bisa memaksimalkan suara tersebut karena tidak bisa membesarkan volume yang sudah jatahnya segitu dari dia netes dan masih banyak contoh yang lainya masih banyak yang lain.

Perawatan Yang Sesuai dan Konsisten - Tidak ada perawatan yang paling benar dikacer karena kacer merupakan burung yang sensitif dan cepat beradaptasi dengan lingkungan tergantung bagaimana kita menjaga kesensitifan katcer itu tetap tinggi sehingga kacer tidak terganggu mental dan birahinya dimanapun ia berada atau tertekan. kuncinya ada dirawatan harian yang konsisten. rawatan yang menurut banyak pakar kacer salah tetapi bila dilakukan terus-menerus kacer akan beradaptasi dengan keadaan tersebut sampai dia kuat dan terbiasa sampai keadaan tersebut tidak terpengaruh olehnya sehingga dia jadi dengan sendirinya pun bisa dilakukan tetapi perlu diingat itu membutuhkan waktu yang lama. Dalam hal rawatan intinya carilah kebiasaan rawatan harian yang disukai dan dirasa paling nyaman untuk kacer anda dan rawatan untuk lomba lakukan eksperimen yang menghasilkan kacer tampil maksimal. Setelah saya amati dan teliti ternyata pemilik kacer juara memiliki cara rawatan yang berbeda-beda dari mulai pemandian, penjemuran, pengkrodongan, pemasteran, penyetingan kandang dan tankringan, sampai pemberian EF (Extra Fooding) dll.

Pengetahuan dan Pengalaman Pemiliknya - "karakter kacer akan terbentuk berdasarkan karakter pemiliknya". Ungkapan ini jika direnungkan dan di pelajari sebenarnya ada banyak benarnya dengan asumsi "rumus atau teori selanjutnya diterapkan  kemudian memperoleh hasil seharusnya hasil dievaluasi dan dikoreksi kemudian dianalisis diterapkan lagi secara terus-menerus menghasilkan hasil yang lebih baik". Analisa Pemain burung sangat dibutuhkan karena pengetahuan rawatan dan pengalaman di lomba sangat menunjang seseorang dan kacernya menjadi juara kenapa demikian. Karena banyak kesalahan yang dilakukan pemain kacer yang diakibatkan ketidaktahuan dan ketidakingintahuan pemain atas kacernya. Selain pengetahuan atas kacer standar penilaian dan aturan main penyelenggara lomba juga harus banyak dipahami, karena standar penilaian masing masing penyelenggara lomba berbeda.

Demikian ulasan singkat mengenai misteri kacer banyak fakta yang unik yang belum bisa terungkap dengan permasalahan burung kacer. jadi mari kita tambah pengetahuan dan pengalaman untuk lebih dewasa dalam merawat burung peliharaan kita. Sekian salam sedulur IdKicau.
BERIKAN KOMENTAR ()