-->
Search here and hit enter....

Keindahan Taman Bunga Dan Hiasan Burung Kolibri (Cara Membuat Taman Kolibri)

Burung Kolibri memiliki keindahan warna pada  bulu mereka yang memiliki beraneka jenis warna. bentuk yang kecil lucu membuat mata yang melihat serasa ingin memegang dan terbang bersama mereka. hal ini dapat kita jadikan pilihan binatang pemakan nektar dan madu bunga yang menghiasi halaman rumah dan kebun bunga kita. selama ini kebanyakan masyarakat hanya mengetahui kupu-kupu yang bisa menghiasi taman bunga, dan perlu diingat bahwa burung kolibri juga menyediakan keunikan dan keindahan yang dapat kita wujudkan di kebun bunga kita.


Nektar atau Madu alami yang mereka makan dapat memancing banyak burung kolibri untuk datang dan membuat habitat baru di lingkungan rumah kita. ketersediaan sumber makanan untuk mereka harus kita cukupi dan ajarkan supaya mereka terbiasa dengan lingkungan baru dan dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang kita siapkan.



Sebelum taman kolibri kita wujudkan di kebun bunga kita , yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah sebagai berikut:

Habitat Burung Kolibri
Burung kolibri hidup di seluruh belahan bumi bagian barat. Mereka akan tinggal di tempat-tempat dimana mereka dapat menemukan sumber makanan, air, dan sarang yang baik. Ukurannya yang mungil serta manuver terbangnya yang akrobatik membuat mereka menarik dan menyenangkan untuk dilihat. Anda dapat mencoba menciptakan lingkungan yang menarik perhatian mereka, seperti bunga-bunga atau dekorasi dengan warna cerah, tempat makan burung, serta taman kecil di lahan Anda. Lingkungan yang menarik seperti itu dapat mendorong burung kolibri untuk mau datang dan tinggal di lahan Anda.


Jenis Burung Kolibri

semua burung jenis kolibri merupakan pemakan madu tetapi ada beberapa jenis kolibri yang lebih dominan memakan jenis memakan lain seperti serangga dan biji, untuk jenisnya bisa kita tentukan berdasarkan persebaran wilayah mereka masing-masing. bahkan warna bulu, bentuk paruh, besar badan dan lain-lain juga mempengaruhi.


Dibawah ini beberapa jenis kolibri yang bisa kami sebutkan:
Kolibri Ninja (Konin)
Kolibri Wulung (Bandungan)
Kolibri Manggaran
Kolibri Sepah Raja
Kolibri Manggaraan
Kolibri Sringanti (Sogok Ontong)
Kolibri Muncang
Kolibri Raja
Kolibri Gunung
Kolibri Black Sunbird
Kolibri Leher Merah
kolibri matari
Kolibri Jawa
Kolibri Lebah
Kolibri Anna
Kolibri Ekor Indah
Kolibri Rufus
Kolibri Leher Rubi
Kolibri green-breasted mountaingem
Kolibri Trochilinae
Kolibri Phaethornithinae
Kolibri Abeillia abeillei
Kolibri Plovercrest
Kolibri Stellula
kolibri Rhodopis

Sistem Reproduksi Burung Kolibri
ketika burung kolibri memasuki masa kawin mereka memiliki suara yang khas untuk menarik perhatian lawan jenis. Burung kolibri hanya bertelur 2 buah dengan warna putih bersih tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan di dalam sarang yang dibuat secara terampil dari bulu halus tanaman atau terikat pada tempatnya jaring laba-laba.Sisi luar sarang biasanya berhiaskan lumut kerak dan sedikit lumut daun. sedangkan sarang burung kolibri menggantung ditempat  dan dipepohonan yang relatif tinggi.


Jenis Tanaman Yang Disukai Burung Kolibri

Jenis tanaman yang disukai burung kolibri adalah tanaman yang memiliki bungan dan jenis tanaman bunga yang berbiji. Selain itu serangga serangga kecil dan biji-bijian mereka konsumsi untuk memenuhi asupan lemak dan protein mereka.


Itulah pemahaman awal yang harus kita ketahui sebelum melakukan pelestarian burung kolibri di taman bunga dalam kebun rumah kita. Sebenarnya dengan membuat taman atau kebun bunga dan kolibri kita sudah termasuk dan digolongkan masyarakat yang peduli terhadap pelestarian alam dan lingkungan. Banyak sekali lingkungan terutama daerah pedesaan yang masyarakatnya tidak memikirkan kelangsungan hidup satwa dan tanaman yang ada di lingkungan tersebut. Mulai saat ini dengan kami tulisnya Artikel ini bisa membuka wawasan kita untuk mulai peduli terhadap lingkungan kite mulai dari alam yang sederhana yaitu lingkungan sekitar kita.

Taman bunga dengan hiasan burung kolibri  yang akan kita buat seharusnya dilakukan dengan cara melakukan pembuatan Alam pengganti atau alternatif. Selanjutnya yang harus kita siapkan dan fikirkan adalah hal-hal sebagai berikut:
1. Persiapan bahan dan Alat
2. Tata letak yang baik
3. Pembuatan Taman Bunga
4. Pembuatan dan penanaman Pohon Untuk Sangkar dan reproduksi kolibri
5. Pembuatan kolam atau kantong-kantong air
6. Perawatan dan pemangkasan bunga
7. Pengawasan dan pengontrolam Burung Kolibri
8. Tata letak yang baik

Kunci utama dalam pembuatan taman Burung kolibri adalah ketersediaan Sumber Makanan yang mencukupi, ketersediaan sumber air yang sesuai, dan tempat untuk bereproduksi yang nyaman. sedangkan untuk hal-hal yang lain bisa kita lakukan penanganan sesuai dengan perubahan tingkah laku burung Kolibri tersebut dan setelah itu bisa kita cari solusi untuk menangani dan mengantisipasi keadaan tersebut. ketelatenan dan perawatan lingkungan yang konsisten sangat mempengaruhi keberhasilan anda untuk menikmati kicauan burung kolibri untuk menemani akteivitas anda dirumah.
BERIKAN KOMENTAR ()