-->
Search here and hit enter....

Rahasia Memaster Lovebird Ngekek Panjang

Lovebird Ngekek Panjang | Setiap kicau mania lebih-lebih pemelihara burung lovebird tentu idamkan lovebird kesayangannya sanggup ngekek panjang. Pasalnya lovebird ngekek panjang tentu miliki penilaian yang lebih di dalam lomba dan sekaligus meningkatkan nilai jual, sebab burung spesies genus agaponis ini tak sekedar miliki warna dan bentuk yang menawan termasuk miliki andalan lain, yaitu nada kicau yang sanggup ngekek panjang, apalagi durasinya sanggup lebih dari satu menitan. Hal itulah yang mendasari kenapa sampai waktu ini burung lovebird tetap banyak diminati oleh para kicau mania, terbukti di dalam setiap event lomba, gantangan lovebird senantiasa penuh.




Untuk menyebabkan agar burung lovebird ngekek panjang dibutuhkan perawatan harian spesifik dan kesabaran di dalam memberikan latihan, sebab perawatan layaknya memandikan burung dan bantuan pakan serta EF saja tidak lumayan untuk menyebabkan burung lovebird sanggup tampil maksimal dan miliki nafas yang panjang waktu berkicau alias ngekek, kudu mendapat dukungan bersama dengan latihan spesifik untuk meningkatkan performa burung waktu lomba.

Selain perawatan dan pola latihan yang baik secara rutin, layaknya kita ketahui bersama dengan bahwa burung lovebird termasuk menganut adanya faktor garis keturunan atau trah, menjadi disaat burung lovebird ngekek panjang hasil dari indukan yang berkualitas dan miliki nada ngekek yang panjang, kemungkinan besar keturunan yang dihasilkan termasuk bakal lebih ringan dilatih agar miliki nada ngekek yang panjang. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa burung lovebird yang berasal dari indukan biasa yang miliki kualitas ngekek yang lumayan panjang.

Disini saya tidak bakal membahas panjang lebar perihal faktor gen atau faktor keturunan dari burung lovebird, melainkan membahas bagaimana agar burung lovebird yang anda miliki sanggup ngekek panjang, tidak lihat apakah itu berasal keturunan lovebird super ataupun cuma dari lovebird biasa. Jika anda menerapkan pola rawatan dan latihan tersebut ini, kemungkinan burung lovebird anda bakal sanggup ngekek lebih panjang dari biasanya.

Rahasia lovebird ngekek panjang

Tips cara perawatan lovebird ngekek panjang ini adalah hasil dari analisa dan pengalaman pribadi saya sendiri selaku penggemar lovebird, dan juga kesimpulan dari informasi yang dipatkan dari sarana internet ataupun dari bertukar anggapan bersama dengan sesama lovebird mania.

1. Pakan lovebird

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kualitas lovebird ditentukan pula oleh kualitas pakan yang diberikan, baik itu pakan harian maupun ekstra fooding. Lovebird yang diberi pakan memiliki kualitas dapat terpenuhi asupan nutrisinya, agar metabolisme tubuh jadi lancar dan lovebird tumbuh sehat. Jika lovebird sehat maka pasti dapat bisa mengeluarkan performa ngekek secara maksimal. Lovebird yang sehat dapat lebih rajin berkicau dan aktif di dalam beraktivitas.

2. Vitamin lovebird

Selain pakan yang berkualitas, agar lovebird jadi lebih memiliki kualitas pasti perlu dapat dukungan bersama dengan pemberian multivitamin yang memiliki kualitas pula. Sebab terkadang pakan dan EF yang kami memberikan sehari-hari belum bisa untuk memenuhi asupan nutrisi burung. Vitamin berikut bisa bersifat vitamin untuk metabolisme tubuh atau vitamin untuk doping agar lovebird ngekek panjang.

3. Memandikan dan membersihkan kandang lovebird

Memandikan burung lovebird tak kalah pentingnya bersama dengan kedua point diatas, dikarenakan untuk beroleh agar lovebird ngekek panjang pasti perlu dijalankan perawatan harian secara teratur bersama dengan baik, terhitung di dalam hal memandikan dan membersihkan kandang lovebird.

4. Pemasteran lovebird

Lovebird yang bisa ngekek panjang bersama dengan materi dan lagu yang baik pasti dibutuhkan adanya pemasteran secara rutin. Pemasteran berikut lebih baik dijalankan sedini mungkin, lebih-lebih saat lovebird baru dilahirkan atau masih di dalam keadaan lolohan. Karena lovebird yang sejak kecil udah dikenalkan dan kerap mendengar nada ngekek panjang pasti dapat lebih mudah merekam nada ngekek berikut kedalam memori otaknya yang kemudian dapat ditirukan saat terasa tumbuh dewasa.

Dalam memaster lovebird agar ngekek panjang terhitung dibutuhkan teknik dan teori, jadi tidak dan juga merta sembarangan memaster, dikarenakan yang namanya sembarangan pasti hasilnya tidak dapat memuaskan.

5. Pelatihan

Selain diberi nada(suara) masteran, lovebird agar ngekek panjang pasti terhitung dibutuhkan pelatihan secara khusus, baik bersama dengan memanfaatkan alat buatan sendiri atau bersama dengan membeli di kios burung. Alat berikut memiliki tujuan untuk memancing dan melatih lovebird agar terbiasa rela ngekek panjang saat mendengar nada alat tersebut.

6.  Kandang umbaran

Kriteria lovebird jawara, selain bisa ngekek panjang pasti terhitung perlu miliki nafas yang panjang, agar saat selesai ngekek tidak perlu jeda yang benar-benar lama untuk menyita nafas, atau kerap disebut bersama dengan makna "ngetem". Karena lovebird meskipun bisa ngekek panjang tetapi kerap ngetem benar-benar lama pasti dapat mengurangi penilaian saat lomba.

7. Sering digantang dan diajak jalan-jalan

Lovebird meskipun bisa ngekek panjang tetapi tidak miliki mental fighter pasti sama saja bohong, dikarenakan lovebird berikut hanya berani ngekek saat sendirian dan tidak ada lawan. Agar lovebird rela ngekek panjang saat lomba dan saat lihat lawan, pasti perlu dilatih dan diperkenalkan bersama dengan lingkungan lomba sejak dini. Tujuannya agar lovebird terbiasa sama lingkungan lomba dan terbiasa lihat lovebird lawan, agar lambat laun dapat terbangun mental yang fighter dan pemberani.

FAKTOR/ GARIS KETURUNAN

Banyak yang bilang bahwa lovebird yang bisa ngekek panjang berasal dari indukan lovebird yang bisa ngekek panjang. Hal berikut sebenarnya benar adanya, dikarenakan mental dan tingkat kecerdasan lovebird diturunkan dari induknya.

Meskipun demikian, hal diatas tidak seluruhnya benar, dikarenakan kualitas pakan, pola rawatan, dan langkah pemeliharaan terhitung pilih kualitas dari lovebird itu sendiri. Sehingga tidak menutup barangkali lovebird yang berasal dari indukan biasa bisa menghasilkan lovebird jawara yang bisa ngekek panjang.

Jika 100 prosen lovebird yang bisa ngekek panjang dihasilkan dari garis keturunan indukan yang bisa ngekek panjang, maka kami tidak perlu repot-repot menjaga dan melatih lovebird tersebut, cukup bersama dengan membeli atau pelihara indukan dan anakan lovebird yang bisa ngekek panjang.

Ada juga tips yang lainya:

Tips dan Cara agar lovebird ngekek panjang
1. Pola rawatan harian

Pola rawatan harian burung lovebird dikategorikan menjadi 2 bagian, yaitu bantuan pakan dan EF (ekstra Fooding) serta langkah memandikan dan penjemuran burung. Untuk bantuan pakan tentu anda kudu memberikan pakan yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang lumayan agar kesehatan dan performa burung senantiasa terjaga.

Pemberian bakal harian yang baik adalah dikerjakan secara bervariasi, jika hari pertama diberikan pakan A, maka hari kedua diberikan pakan B, dan hari ketiga diberikan pakan C, begitu seterusnya. Intinya adalah memberikan EFsecara lumayan tidak tidak cukup dan tidak lebih secara bervariasi. Karena kecuali pakan  yang diberikan setiap hari cuma itu-itu saja, burung lovebird sanggup mengalami kelebihan berat badan, dan efeknya justru burung bakal malas berkicau.

Selain itu bantuan setelan EF termasuk kudu senantiasa diperhatikan, jangan tidak cukup dan jangan berlebihan. Jika burung tidak cukup mengonsumsi EF bakal condong malas berkicau sebab kekurang nutrisi, begitu pula disaat berlebihan, burung termasuk bakal malas berkicau sebab over birahi. Jadi anda kudu memahami karakter dari burung lovebird yang paling disayangi anda.

Ekstra fooding lovebird yang baik adalah berbentuk sayuran layaknya tauge (kecambah), kangkung, dan jagung muda. EF ini dipercaya sanggup meningkatkan birahi dan performa ngekek lovebird. Jadi disaat dirasa burung jadi keluar over birahi sebaiknya bantuan EF dikurangi atau apalagi dihentikan sampai birahi burung normal kembali.

Sedangkan untuk pola mandi burung lovebird sebaiknya dimandikan sampai basah kuyup sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Mandi pagi idealnya dikerjakan pada jam 7 lantas dijemur dibawah sinar matahari sampai jam 10 pagi (durasi penjemuran 3 jam) setelah itu burung diangin-anginkan (digantang) selama tidak cukup lebih 15 menit ditempat yang teduh layaknya dibawah pohon atau teras rumah.

Siang harinya lebih kurang jam 12 siang, burung ulang dimandikan sampai basah kuyup, selanjutnya diangin-anginkan ulang diteras atau dibawah pohon yang teduh, setelah itu burung dimaster sampai sore hari atau apalagi samai malam hari. Lakukan perawatan mandi tersebut secara rutin setiap hari. Alasan kenapa lovebird dimandikan sampai basah kuyup adalah berdasarkan pengalaman para kicau mania bahwa lovebird yang biasa dimandikan sampai basah kuyup bakal memilik performa dan nada ngekek yang lebih panjang.


2. Pola latihan

Burung lovebird untuk lomba tentu membutuhkan pola latihan spesifik yaitu bersama dengan memakai kandang umbaran, ini mempunyai tujuan untuk melatih otot-otot burung serta menyebabkan nafas burung menjadi lebih panjang, agar disaat dilombakan tentu bakal sanggup ngekek panjang. Namun tidak seluruh orang sependapat bersama dengan pola latihan ini, sebab banyak yang bilang bahwa lovebird yang tidak menerapkan pola latihan kandang umbaran ternyata termasuk sanggup mengeluarkan nada ngekek yang panjang. Tapi menurut saya lovebird yang menerapkan pola latihan kandang umbaran tentu bakal miliki nilai lebih kecuali dibandingkan bersama dengan yang tidak menerapkan latihan.


3. Pola Pemasteran

Setiap burung lomba tentu butuh dimaster, sebab bersama dengan nada masteran burung bakal lebih cepat merekam, mencerna, dan menirukan suara-suara masteran yang didengar, oleh sebab itu pola pemasteran burung lovebird sangatlah penting. Cara memaster lovebird tiap-tiap orang berbeda-beda, seluruh tergantung dari karakter burung dan rutinitas dari si pemelihara. Ada yang memaster burung pada waktu dinihari lebih kurang habis shalat subuh sampai jam 7 pagi, ada yang memaster dari jam 10 setelah dijemur sampai jam 3 sore, ada yang memaster dari usai shalat maghrib sampai malam hari lebih kurang jam 10 malam, adapula yang memaster jadi jam 9 malam sampai pagi keesokan harinya. Kembali ulang seluruh sesuai bersama dengan karakter burung, kebiasaan, dan kepercayaan dari sang pemiliknya.

Untuk kasus pengerodongan, ada yang tidak dikerodong mirip sekali, dan ada pula yang full kerodong disaat malam hari dan disaat sistem pemasteran, menurut saya teristimewa menentukan untuk memberikan kerodong waktu malam hari dan waktu melaksanakan pemasteran. Ada yang memaster burung bersama dengan nada yang keras, dan adapula yang memaster bersama dengan nada yang pelan (sayup-sayup).


4. Pemberian vitamin dan pembersihan kandang

Burung lovebird agar sanggup ngekek panjang dan senantiasa di dalam situasi sehat kudu senantiasa diberikan vitamin tambahan untuk memenuhi keperluan gizi dan nutrisi, tak sekedar itu termasuk kudu rajin di dalam membersihkan kandang, baik itu dari kotoran burung maupun dari sisa-sisa makanan, sebab kecuali kebersihan senantiasa terjaga, kemungkinan burung sakit atau terkena penyakit makin kecil. Berbeda kecuali kotoran burung didiamkan saja sampai menggunung, tentu bakal mengakibatkan penyakit dan mengganggu kesehatan, baik itu kesehatan burung atau kesehatan pemiliknya.

Cara memaster lovebird yang tepat
1. Memaster lovebird dengan burung lovebird masteran

Para pencetak lovebird juara biasanya sudah memiliki lovebird jawara yang tertentu digunakan untuk masteran, agar saat lovebird masih anakan sudah mulai didekatkan dengan lovebird masteran tersebut. Syaratnya lovebird masteran jangan hingga menyaksikan lovebird indukan, agar tidak berlangsung pertarungan dari kedua lovebird tersebut.

Jika anakan lovebird yang dimaster sudah terlepas loloh dan sudah dipisahkan dari induknya, maka anda dengan mudah dapat menempatkan anakan lovebird yang dapat dimaster tersebut didekat burung lovebird masteran yang dapat mengajarkan pada anakan tersebut bagaimana cara ngekek panjang dan bagaimana cara membawakan lagu ngekek yang baik.

 2. Memaster lovebird dengan musik mp3

Ini adalah cara memaster lovebird yang lazim dilaksanakan oleh para lovebird mania yang tidak punya burung masteran. Anda dapat mendownload nada masteran lovebird ngekek panjang yang banyak ada di internet. Pilihlah nada masteran lovebird ngekek panjang yang punya irama yang baik serta disempurnakan dengan jeda sebagian detik untuk lovebird tersebut beristirahat mendengarkan, agar lovebird tidak dapat mulai bingung dan bosan.

Letakkan masteran lovebird mp3 tersebut didekat kandang, setel dengan volume nada tengah saja, jangan terlalu keras dan jangan terlalu pelan. Letakkan burung yang dimaster pada daerah yang tenang, lebih baik kecuali manfaatkan kamar tertentu untuk memaster burung. Sehingga burung tidak dapat terganggu dengan nada bising dari luar atau terganggu oleh orang yang lalu lalang melalui didekat burung.

Itulah sedikit ulasan tentang cara memaster lovebird yang pas agar dapat ngekek panjang. Anda dapat mencoba sebagian cara diatas, lantas anda amati kurang lebih cara pemasteran mana yang lebih cocok dengan sifat lovebird yang paling disayangi anda dan deskripsi perihal langkah agar burung lovebird ngekek panjang yang sanggup saya tuliskan, semoga berguna bagi anda pecinta lovebird dan kicau mania indonesia. Salam kicau mania.
BERIKAN KOMENTAR ()