-->
Search here and hit enter....

Efek, Manfaat Dan Jenis Kandang Umbaran / Keparan Untuk Burung Kicau

Kandang Umbaran Atau Kandang Keparan Burung - dibuat oleh para kicau mania dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi yang disesuaikan dengan kebutuhan burung gacoan kicaumania. Sebagian burung kicau memang kadang membutuhkan Kandang Umbaran Untuk menunjang Stamina di lapangan. tetapi ada juga yang burung kicaunya menurun performanya ketika burung mereka diberi kandang umbaran. Untuk melakukan pengumbaran masing-masing kicau mania memiliki dasar pemahaman yang berbeda disesuakan dengan keadaan burungnya masing-masing, tetapi sebagian kicau mania tidak mengetahui kondisi dan kemauan gacoanya sehingga hanya ikut-ikutan dan malah justru membawa efek yang buruk bagi burung andalanya. Mubazirkan udah beli burung mahal-mahal menjadi rusak gara-gara pengumbaran yang tidak tepat.

Sebelum kita masuk ke penjelasan judul diatas terlebih dahulu kita harus menetahui bagaimana bentuk-bentuk kandang umbaran atau keparan, bagi yang sudah paham bisa dilanjut lagi bacanya. kemudian untuk lebar dan panjang kandang umbaran disesuaikan dengan selera masing-masing. Rata-rata kandang umbaran tudak boleh terlalu pendek dan panjang tapi standar kandang umbaran secara umum panjan kandang umbaran untuk burung antara 2 meter 7 meter. Selanjutnya kami akan jelaskan macam-macam jenis dan bentuk kandang umbaran: Bentuk-bentuk kandang umbaran - kandang kepar untuk burung memiliki bentuk yang beraneka ragam tetapi secara umum terbagi menjadi bebrapa bentuk:

Kandang Umbar/Kepar Kotak, kandang umbaran yang dibuat dengan bentuk kotak memiliki  kelebihan dibandingkan kandang keparan jenis bulat, jenis umbaran yang dibuat kotak memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan di dasar tanah, dapat digantung ditembok, dll.

Kandang Umbaran Bulat, Kandang umbaran jenis bulat dipilih oleh para kicau mania bertujuan agar lebih mudah ditaruh dimana saja dan lebih simpel.

Kandang Umbaran Jungkat-Jungkit, Kandang ini memiliki AS ditengah yang bisa Naik turun dan diberi pemberat berupa bola-bola plastik yang beratnya lebih ringan dari pada berat burung kicauan anda sehingga ketika burung terbang kesisi tangkringan yang satu bola itu akan mengikuti dan burung tersebut akan terus terbang tanpa berhenti dari sisi tangkringan yang satu ketangkringan yang lainya. Ingat menggunakan kandang umbaran jenis ini diperlukan pengawasan yang lebih karena burung yang tidak terbiasa dapat mengalami stres.   


Kandang Kepar Kayu, Kandang Umbaran jenis kayu sekarang jarang digunakan oleh para kicau mania, hal ini dikarenakan kandang kepar jenis kayu tidak tahan di tempat terbuka, apabila terkena panas dan hujan secara terus menerus kayu akan mudah lapuk. Kemudian untuk kandang kepar kayu tidak dapat dipakai untuk burung jenis Lovebird.

Kandang Kepar Lipat / Rolling, Keparan jenis lipat dibuat sedemikian rupa sehingga bisa diperpendek dan diperpanjang tanpa harus membongkar kandang tersebut, jenis kandang kepar ini pembuatanya agak rumit, tetapi memiliki banyak keunggulan, antara lain jenis kandang keparan ini ukuranya panjangnya dapat diperpendek dan diperpanjang dengan menarik kandang keparan memanjang atau memendek. sehingga burung yang cenderung cocok dengan pengumbaran panjang atau pendek akan terpenuhi tanpa membuat kandang umbaran yang baru.

Jenis-jenis kandang Umbaran diatas adalah sebagian kandang kepar yang dapat sedulur IdKicau jadikan pilihan sesuai selera sedulur sekalian.


Penelusuran Terkait Kandang Umbaran:
cara mengumbar murai yang baik
umbaran lovebird kusumo
waktu yang tepat untuk mengumbar lovebird
cara menangkap lovebird di kandang umbaran
waktu umbaran lovebird
cara membuat umbaran jungkat jungkit
umbaran lovebird jungkat jungkit
BERIKAN KOMENTAR ()